Sekilas Pelayanan Adminduk

Kajen, 25 Agustus 2020

Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Pekalongan terletak di jalan Sindoro No. 5 Kajen tepatnya terletak di belakang Masjid Al Muhtarom. Ciri khas bangunan Kantor Dukcapil yang berwarna hijau memudahkan bila dicari. Gedung berlantai 2 dengan menempatkan pelayanan adminduk di lantai 1 dan administrasi di lantai 2.

Dindukcapil melayani penerbitan 23 jenis dokumen kependudukan. Jam buka dimulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Penerapan protokol kesehatan dimulai ketika memasuki halaman kantor dengan himbauan wajib cuci tangan pakai sabun dan pemakaian masker yang terpampang di depan kantor agar dipatuhi semua orang yang memasuki kantor Dukcapil. Dipintu masuk petugas menyambut dengan mengukur suhu badan dan menanyakan keperluannya. Selanjutnya pemohon dipersilahkan mengambil nomor antrian sesuai dengan kebutuhannya.

Pelayanan dibagi menjadi 7 loket yaitu 1. KTP Elektronik / Kartu Keluarga / Kartu Identitas Anak; 2. Pindah / Datang.; 3. Akta Kelahiran / Akta Kematian / Akta Perkawinan / Akta Perceraian; 4. Layanan khusus (Ibu Hamil, Disabilitas, Lansia); 5. Perekaman KTP Elektronik; 6. Aduan dan 7. Legalisir. Selanjutnya, Petugas akan memanggil sesuai nomor antrian pemohon untuk dilayani.

Para Petugas Dindukcapil juga memproses pengajuan permohonan dokumen adminduk secara on line yaitu melalui aplikasi SIMPEL Aplikasi ini merupakan terobosan di era pandemi Covid 19. Pemohon dapat mengajukan permohonan melalui SIMPEL dimana saja, kapan saja tanpa harus tatap muka. Pengambilan dokumen adminduk yang sudah jadi dapat dilakukan setelah ada pemberitahuan/notifikasi bahwa dokumen siap diambil.

Selain pelayanan dalam gedung, Dindukcapil juga melaksanakan pelayanan jemput bola (jebol). Layanan ini diperuntukkan bagi penduduk yang mempunyai keterbatasan sehingga tidak mampu datang ke tempat pelayanan seperti sakit atau disabilitas. Permohonan yang diterima Dindukcapil akan ditindaklanjuti dengan penjadwalan kunjungan dan dilanjutkan dengan kunjungan ke tempat pemohon untuk melaksanakan perekaman data penduduk.

Pelayanan Dindukcapil juga dapat diakses di kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan. Para Operator Dukcapil akan melayani pengambilan KTP Elektronik, memproses pengajuan online Kartu Keluarga, perekamam KTP Elektronik sesuai wilayahnya.

Dukcapil Kabupaten Pekalongan berupaya agar pada saat Pandemi Covid 19 ini pelayanan tetap dapat dilaksanakan dengan meningkatkan kepatuhan penerapan protokol kesehatan guna menjaga kesehatan baik petugas maupun pemohon. Bersama kita bisa melawan corona. Terimakasih kepada masyarakat yang telah lengkap dokumen kependudukannya. Bila anda puas dengan pelayanan yang kami berikan sampaikan pada yang lain, namun bila belum puas dengan pelayanan kami segera sampaikan pada kami untuk berbenah diri. (LM, 2020)

Back to top button
Close