Berita

Urus dokumen adminduk lewat ‘SIMPEL’ kurangi resiko penularan Covid 19

Kajen, 26 Agustus 2020

Sebelum pandemi covid 19, Kantor Dindukcapil Kabupaten Pekalongan selalu ramai di kunjungi masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukannya. Rata-rata per hari bisa sampai 700 orang yang datang untuk mengajukan permohonan penerbitan KTP elektronik, Kartu Identitas Anak, Akta kelahiran, Akta Kematian, Akta Pernikahan dan Pindah Datang penduduk.

Hal ini menjadi persoalan ketika pandemi covid 19 , jumlah orang yang duduk diruang tunggu dengan kapasitas 90 tempat duduk tidak mungkin lagi dipergunakan keseluruhan karena ada protokol kesehatan yang harus dilaksanakan. Sementara kebutuhan penerbitan dokumen kependudukan tidak mungkin terelakan. Oleh karena itu salah satu upaya untuk mengurangi kerumuman pemohon adalah penggunaan aplikasi SIMPEL untuk mengajukan penerbitan dokumen kependudukan. aplikasi ini dapat diakses dari mana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet yang lancar melalui handphone android maupun komputer. Orang tidak perlu datang ke dinas untuk mendapatkan pelayanan admninduk. Cukup lewat HP.

Ternyata masyarakat Kabupaten Pekalongan menyambutnya dengan memanfaatkan metode ini, sejak diluncurkan 19 Maret 2020 karena terpaksa harus mengurangi kontak langsung, dalam sistem tercatat telah lebih dari 40.000 pelapor. Hal ini sangat menggembirakan, saran dan masukan terus masuk untuk penyempurnaan sistem pelayanan on line ini. Antusiasme warga ini sangat menyemangati petugas karena merasa lebih aman dalam bekerja. Walaupun tidak tatap muka namun tetap dapat memberikan pelayanan.

Dalam rangka sosialisasi penggunaan aplikasi SIMPEL yang dirancang untuk dapat diakses masyarakat dalam mengurus dokumen adminduk. Dindukcapil Kabupaten Pekalongan membuat uniform untuk petugasnya dengan design yang bertuliskan Layanan on line SIMPEL Cegah Covid Aman Kerja, hal tersebut dengan harapan agar saling mengingatkan dan menjaga sehingga layanan on line ini dapat menjadi salah satu solusi dalam menghadapi pandemi Covid 19. (LM, 2020)

Lihat Selengkapnya

8 Komentar

  1. Assalamualaikum
    Mohon bantuannya
    Saya sudah buat akte kelahiran anak saya via online d aplikasi SIMPEL. Ada pemberitahuan bahwasanya sudah siap di cetak mandiri dan ada pemberitahuan sudah d kirim k email saya, pas sya cek d email saya tdk ada email masuk dari dindukcapil atau aplikasi SIMPEL. Trs sy mw cetak gmn filenya blom ke kirim k email sya
    …. Mohon bantuannya
    Sy sdh wa k no 085293499722 blom ada respon

    Email sya: sutirto10311664@gmail.com

    1. Pada saat registrasi awal diminta untuk menuliskan email, apakah email yg dituliskan sudah benar?, silahkan ambil akta kelahirannya di Dinas Dukcapil dengan membawa persyaratan yang dilampirkan di aplikasi simpel. terimakasih sdh memanfaatkan layanan simpel

  2. Assalamu’allaikum
    Mohon bantuannya…saat ini sy dinas dan tinggal di bekasi,saat pulang ke pkl dg niat buat ktp untuk anak, maka pada hari jum’at kemarin tgl 11 Sept 2020, saya dan anak ke kntr kec buaran..trnyta untuk ktp harus daftar lewat simple, oleh karena hp tdk terbawa dan waktu mendesak, maka oleh petugas kecamatan data anak sy direkam, diambil ttd sidik jari serta difoto buat ktp, dan oleh petugas anak sy suruh daftar juga lewat simpel. Tp bingung pilih jdwl buat ambil antrian krn jdwl tgl 11 sept tidak ada, padahal data sdh masuk, mohon pencerahan apa yg harus dilakukan selanjutnya

    1. Waalaikumsalam
      Bila sudah direkam berarti tinggal mengambil KTP el yang sudah jadi di kecamatan tempat perekaman dengan membawa fotocopi KK.
      terimakasih. sehat selalu

  3. Assalamu’alaikum.
    Saya mau bertanya perihal mengenai pengajuan cetak ulang E KTP yang rusak melalui aplikasi SIMPEL.
    Apa langkah selanjutnya yang harus saya lakukan setelah pengajuan cetak ulang E KTP yang rusak, dan status dalam aplikasi ketika saya cek sudah disetujui dan dicetak tgl ….
    Apakah saya harus ke kantor Dindukcapil untuk mengambil E KTP saya atau dikirim ke alamat saya? Atau saya harus menunggu konfirmasi SMS/WA terlebih dahulu?
    Terimakasih.

  4. Maaf pak saya daftar akun di aplikasi SIMPEL tapi pas masukin no hp salah jadi tidak bisa menerima verifikasi.
    Apa no hp bisa di ganti pak..
    Mohon bantuan nya pak terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close